Kamis, 06 November 2014

"Daftar Jambore Nasional Pramuka dan Logo"



Daftar Jambore Nasional Pramuka dan Logo merupakan pengetahuan kepramukaan mengenai daftar penyelenggaraan Jambore Nasional (Jamnas) dari yang pertama hingga yang terakhir dengan dilengkapi logo atau lambang Jambore Nasional Gerakan Pramuka.
Jambore merupakan salah satu pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Jambore merupakan kegiatan yang bersifat rekreatif, edukatif, riang gembira, dan mengedepankan persaudaraan dengan berbagai kegiatan menarik, kreatif, serta bakti masyarakat. Berdasarkan tingkat, pelaksanaan, dan pesertanya, Jambore dibedakan menjadi Jambore Nasional (Jamnas), Jambore Daerah (Jamda), Jambore Cabang (Jamcab), dan Jambore Ranting (Jamran).
Jambore Nasional sendiri merupakan jambore yang di tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan peserta para pramuka penggalang dari seluruh Indonesia dan beberapa negara lain yang diundang.

Daftar Penyelenggaraan Jambore Nasional

Jambore Nasional Pramuka Penggalang telah diselenggarakan sebanyak sembilan kali (hingga saat ini). Jamnas yang pertama dilaksanakan pada tahun 1973 di Situ Baru, Jakarta. Sedangkan Jambore Nasional yang terakhir (kesembilan) dilaksanakan tahun 2011 silam di Sumatera Selatan.
Daftar selengkapnya penyelenggaraan Jambore Nasional Pramuka Penggalang dari tahun ke tahun adalah sebagaimana daftar di bawah. Daftar Jambore Nasional ini selain dilengkapi dengan tempat dan tanggal pelaksanaannya juga dilengkapi dengan logo dari masing-masing Jambore Nasional.
1 JAMBORE NASIONAL I


Tempat : Situ Baru, Jakarta
(Sekarang menjadi Bumi Perkemahan Cibubur)

Waktu : 1973

Logo Jamnas :



2 JAMBORE NASIONAL II


Tempat : Sibolangit, Sumatera Utara

Waktu : 1 - 20 Juli 1977

Logo Jamnas :



3 JAMBORE NASIONAL III


Tempat : Cibubur, Jakarta

Waktu : 18 - 25 Juni 1981

Keterangan : Penyelenggaraannya bersama dengan Jambore Asia Pasifik ke 6

Logo Jamnas :


4 JAMBORE NASIONAL IV


Tempat : Cibubur, Jakarta

Waktu : 21- 28 Juni 1986

Logo Jamnas :



5 JAMBORE NASIONAL V


Tempat : Cibubur, Jakarta

Waktu : 15 - 22 Juni 1991

Logo Jamnas :



6 JAMBORE NASIONAL VI


Tempat : Cibubur, Jakarta

Waktu : 26 Juni - 4 Juli 1996

Logo Jamnas :



7 JAMBORE NASIONAL VII


Tempat : Baturaden, Jawa Tengah

Waktu : 3 - 12 Juli 2001

Logo Jamnas :



8 JAMBORE NASIONAL VIII


Tempat : Jatinangor, Jawa Barat

Waktu : 26 Juni - 4 Juli 2006

Logo Jamnas :



9 JAMBORE NASIONAL IX


Tempat : Teluk Gelam, Kab. OKI, Sumatera Selatan

Waktu : 2 - 9 Juli 2011

Logo Jamnas :




9JAMBORE NASIONAL X


Tempat:Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta. 

Waktu:2016

Logo Jamnas:


Berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2013 di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Telah ditetapkan bahwa Jambore Nasional Gerakan Pramuka X tahun 2016 akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta.


Sayembara Maskot, Logo dan Lagu Jambore Nasional 2016
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Jambore Nasional 2016 yang akan dilaksanakan di Cibubur, Jakarta sesuai dengan hasil Musyawarah Nasional (MUNAS) Gerakan Pramuka Tahun 2013 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Penyelenggaraan Jamnas 2016 pada bulan Juli - Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta dengan mengusung tema "Mandiri, Berprestasi dan Berkarakter", karena untuk kegiatan tersebut dibutuhkan Maskot, Logo dan Lagu Jambore Nasional 2016 oleh karena itu diadakan sayembara dan terbuka untuk umum.
Untuk lebih jelasnya silahkan kakak-kakak unduh edaran ini di website resmi Gerakan Pramuka. www.pramuka.or.id di Edaran. Terima Kasih.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar